Pages

WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 22 September 2010

KARI AYAM HIJAU THAILAND

Seni kuliner Thailand sudah mendunia dan selalu pas di semua lidah. Bahkan racikan dasar menu Negeri Gajah Putih ini selalu pas dipadu-padankan dengan bahan-bahan lain sesuai citarasa. Seperti racikan chef Kasta Iwandono, dari Hotel Singgasana Surabaya ini.

Kari Ayam bumbu hijau ala Thai, bahan dasar ayam bisa diganti apa saja sesuai selera. “Karena bumbu dasarnya yang istimewa, menjadikan masakan Thai bercitarasa dan beraroma kuat. Bumbu pala, cengkeh, terasi, cumin, dan lengkuas semakin menonjolkan kekhasan Thai cuisine,” ucap Chef Kasta Iwandono. Kemudahan lainnya seni kuliner Thai adalah tidak terlalu repot mengolahnya. Selamat mencoba! ame

Bahan:
180 Gr ayam tanpa tulang
20 Gr buncis
20 Gr wortel
20 Gr jamur merang
Santan instan secukupnya
Minyak ikan secukupnya

Bumbu:
10 Biji cabe hijau, buang isinya
5 Biji merica
1 Sendok teh (sdt) ketumbar
1 Sdt garam
1 Sdt cumin (sejenis daun seledri)
1 Sdt pala
1 Sdt terasi
4 Biji cengkeh
2 Siung bawang putih
1 Siung bawang bombay
1 Jari serai
10 Lembar daun lengkuas
10 Biji kemiri
1 Sendok makan (sdm) kaldu ayam
2 Sdm minyak goreng untuk menumis

MEMASAKNYA:
1 Panaskan sedikit minyak, masukkan ayam tanpa tulang, tumis sebentar hingga layu, baru masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga bumbu tercampur rata dengan ayam, dan aroma harum muncul. Tambahkan kaldu, air, merica, garam, gula, minyak ikan, dan penyedap rasa. Tumis hingga ayam matang. Angkat. Atur dalam piring saji.
2 Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay hingga layu baru masukkan semua sayuran yang sudah diiris tipis. Bumbui dengan merica, garam, dan penyedap rasa, masak hingga sayuran layu. Angkat. Letakkan bersisian ayam tumis di piring saji. Sajikan segera lengkap dengan nasi putihnya.

TIP
* Agar citarasa masakan semakin mantap. Bumbu diblender halus, baru ditumis hingga harum. Gunakan sebagai bumbu dasar untuk semua masakan jika Anda menyukainya.
* Nasi putih bisa diganti kentang tumbuk atau rebus.
* Ragam sayuran bisa diganti sesuai selera, bahkan porsinya bisa diperbanyak jika Anda tak menyertakan nasi dalam porsi Anda.




Sumber     : surya
Lihat juga :
Nelayan restoran
Tamani
Sushi tei

Tidak ada komentar:

Posting Komentar