Pages

WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 28 Oktober 2010

Macam-Macam Sushi


SUSHI dikenal sebagai makanan Jepang dan sudah menjadi kuliner favorit di seantero dunia. Manfaat yang terkandung dalam makanan satu ini sudah tidak diragukan lagi, salah satunya membuat tubuh sehat.

Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, berikut jenis sushi:


Nigirizushi

Lauk yang diletakkan di atas sushi jenis ini bisa mentah atau matang. seperti tamagoyaki atau belut unagi dan belut anago yang sudah dipanggang.

Makizushi

Sushi ini berupa gulungan nasi berisi potongan mentimun, lauk atau neta yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

Chirashizushi

Nasi sushi ini dimakan bersama neta berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan ke dalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang untuk memperingati hari-hari istimewa seperti ulang tahun anak-anak dan perayaan Hina Matsuri.

Oshizushi

Nasi disusun bersama neta yang dipres untuk sementara waktu dengan maksud memadatkan nasi agar sushi yang dihasilkan berbentuk persegi panjang yang lalu dipotong-potong agar mudah dinikmati. Oshizushi ada juga yang dibungkus daun bambu, lalu dipres selama beberapa jam sampai satu malam.


*okefood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar