Pages

WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 05 April 2011

colenak

Brownies, molen, klapper tart mungkin adalah sebagian besar cemilan khas kota Bandung yang OpenRicers kenal. Namun, di balik semua nama tersebut, jauh sebelum mereka dikenal, masih ada satu cemilan pelopor yang sangat digemari di Bandung. Hingga kini pun, cemilan yang satu ini masih tetap menjadi kegemaran banyak orang. Colenak, demikian ia biasa disebut.

Cemilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar tape singkong yang dibakar kemudian dibaluri saus gula aren cair serta kelapa parut. Walaupun bahan dasarnya sangat sederhana, kelezatan colenak tidak bisa dibandingkan dengan jenis cemilan lainnya. Bayangkan ketika kombinasi tape singkong ini dicolekkan ke dalam saus gula dan kelapa parut. Rasa yang tercipta mampu memanjakan lidah. Tidak heran bila kemudian nama Colenak dikenal dan sangat familiar, karena berasal dari Bahasa Sunda yaitu dari singkatan dicocol enak.

Kini, melihat banyaknya minat pecinta cemilan manis khas Bandung, Colenak mulai mewabah dalam restoran dan hotel-hotel besar dengan beragam kreatifitas dan varian rasa. Namun, rasa asli yang memang menjadi daya tarik Colenak sejak dahulu kala tetap dapat ditemukan di tempat sederhana lainnya di sekitar kota Bandung.

Kesederhanaan Colenak dalam balutan daun pisang meninggalkan kesan yang lebih mendalam bagi penikmat cemilan kota Bandung. Aroma daun pisang yang berpadu dengan gula aren serta kelapa parut menjadi alasan utama banyaknya masyarakat mencari Colenak hingga ke kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar