Pages

WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 06 April 2011

kelezatan nasi bali

Nasi tidak hanya menjadi makanan utama masyarakat Indonesia, selain karena beras memang merupakan salah satu komoditi perdagangan utama Indonesia, nyatanya masyarakat kita tidak dapat melewati harinya bila belum menyantap nasi. Para pedagang kuliner secara kreatif mengaplikasikan varian dan cara baru dalam mengolah nasi agar tidak menjadi monoton dan laku dijual di pasaran. Salah satunya yang mungkin bisa temukan di Bali adalah Nasi Jinggo. Nasi Jinggo mungkin bisa ditemui di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta namun dengan nama yang berbeda.

Nasi Jinggo bila di kota lain bisa kita temukan mungkin dengan sebutan Nasi Kucing, Nasi Pincuk atau lainnya. Bagi masyarakat Bali, sebutan yang paling terkenal adalah Nasi Jinggo. Secara garis besarnya, Nasi Jinggo merupakan nasi bungkusan dalam porsi yang kecil terdiri dari nasi campur dan lauk pauknya seperti; mie goreng, daging ayam suwir, sayur urap, tempe orek atau bisa juga ditemukan serundeng, dan tidak ketinggalan juga sambal pedasnya yang khas. Semua nasi beserta isinya ini kemudian dibungkus dalam daun pisang.

Porsinya yang kecil bisa dijadikan sebagai salah satu kelebihan dari Nasi Jinggo ini karena orang menjadi tidak cukup bila hanya memakan 1 bungkus. Kebanyakan orang bisa menyantap Nasi Jinggo sebanyak 2 hingga 3 bungkus. Harganya yang sangat ramah dengan kantong juga nilai lebih Nasi Jinggo, karena hanya berkisar sekitar 2.500 IDR hingga 3.000 IDR.

Popularitas Nasi Jinggo ini akhirnya dilirik oleh para pedagang sehingga mereka pun kini mulai memasarkan Nasi Jinggo di dalam mall dengan varian harga yang tentunya sedikit lebih tinggi dari yang dijual di pasaran. Namun tidak perlu khawatir terjadi persaingan, karena Nasi Jinggo yang dijual di dalam mall merupakan kreasi yang disesuaikan dengan selera warga asing agar mereka juga bisa ikut menyantap nasi khas olahan Bali ini. Tetap tidak meninggalkan ciri khasnya, Nasi Jinggo akan bertahan baik itu dijual di dalam mall ataupun dijual di pasar dan tenda makan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar