Pages

WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 07 April 2011

lontong balap surabaya

Lontong Balap, namanya terasa unik dan menarik. Ternyata, lontong balap merupakan makanan khas Indonesia, ciri khas dari kota Surabaya di Jawa Timur. Lontong balap terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, kecap dan juga sambal. Namun, lontong balap biasanya penuh dan didominasi oleh tauge. Masyarakat Surabaya tentu sudah familiar dengan menu makanan istimewa mereka yang satu ini. Bila hendak bertandang kota pahlawan ini, lontong balap tidak boleh sampai terlewatkan.

Mengulas sejarah nama lontong balap yang kerapkali dipertanyakan banyak orang, ternyata sebagian masyarakat percaya bahwa nama lontong balap berasal dari sebuah sejarah di Surabaya. Berdasarkan cerita, dahulu lontong balap dijual dalam gentong besar dan berat yang dipikul ke seluruh penjuru kota. Namun, gentong yang berat ini menyebabkan para penjual lontong balap ini bergegas dan berjalan sambil memikul dengan cepat sehingga meninggalkan kesan berpacu dan balap-balapan. Sekarang, lontong balap lebih sering ditemui dalam kereta dorong, namun demikian nama lontong balap tetap dikenal dan tidak berubah.

Bila merasa asing dengan sebutan lentho, lentho semacam perkedel, tapi diracik dari singkong dan kacang tolo. Sajian lontong dan lentho kemudian disiram dengan kuah gurih yang berlimpah bawang goreng dan tauge. Lontong balap yang paling populer di Surabaya adalah lontong balap Pak Gendut. kalo berada di Surabaya mungkin tidak merasa asing dengan lontong balap Pak Gendut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar